Category Archives: Rumah

Pemanggang Roti Sharp KZS-80LP (K)

Pemanggang ini memiliki tampilan elegan, dengan paduan warna hitam dan ungu tua di bagian tengah. Daya yang dibutuhkan adalah 700W.

u Fitur Memiliki indikator panas yang dapat menyala dan mati dengan sendirinya. u Waktu Panas Dibutuhkan waktu 5 menit hingga peranti ini panas dan siap dipakai. u Warna Roti • 2 menit: Warna roti masih putih kekuningan. • 4 menit: Warna roti sudah kuning kecokelatan di bagian tengah. • 7 menit: Warna roti sudah kecokelatan, tapi ada bagian yang masih menguning.

u Kerenyahan Roti • 2 menit: Masih lembek. • 4 menit: Mulai garing, susah dipotong dan dipatahkan. • 7 menit: Seluruh bagian roti sudah garing dan mudah dipatahkan. u Isi Roti Isi roti—seperti keju dan meises—sudah meleleh di menit ke-2. u Keamanan Ketika Dipegang Permukaan peranti panas ketika dipegang. u Kemudahan Dibersihkan Cukup dibersihkan dengan lap basah.

Pemanggang Roti Electrolux ETS3200

Pemanggang pop-up ini memiliki tampilan ­ sik elegan—dengan pelapis luar berwarna hitam, dan material “pemanggang” di dalam yang terbuat dari logam. Terdapat 2 rongga pemanggang roti yang juga disertai oleh wadah roti bulat yang bisa dinaik-turunkan sesuai kebutuhan. Bobot pemanggang ini sekitar 1kg. Daya yang dibutuhkan antara 800W – 940W. Harganya Rp329.000.

Baca juga : Harga genset Yanmar

u Fitur Memiliki fasilitas yang lengkap, yakni tuas pengaturan kematangan dengan skala 1–7, tuas roti (untuk memasukkan roti ke dalam rongga), tombol reheat (menghangatkan), defrost dan STOP—untuk menghentikan proses memanggang, serta laci penampung remah roti. u Indikator Kematangan Roti terlempar ke atas ketika sensor kematangannya sudah bekerja.

u Waktu Panggang Diatur dari tingkat kematangan 1, 3, 4 dan 7, semua roti keluar dari peranti di menit 03.40. Sebenarnya roti sudah garing dan siap disantap ketika sudah terpanggang 2 menit saja, namun sensor kematangan tidak mengeluarkan roti di menit tersebut.

u Warna Roti • Tingkat 1: Seluruh bagian tengah roti dihiasi warna cokelat tua. • Tingkat 3, 4: Warna cokelat tua terdapat di seluruh bagian roti, namun merata. • Tingkat 7: Warna cokelat tua kehitaman hanya terdapat di bagian bawah roti saja. Tidak merata.

u Kerenyahan Roti • Tingkat 1: Pinggiran serta bagian tengah sudah renyah dan garing. • Tingkat 3, 4: Pinggiran serta bagian tengah sangat garing. • Tingkat 7: Pinggiran sudah garing, sedangkan bagian atas, agak lembek. u Keamanan Ketika Dipegang Permukaan peranti tidak panas ketika dipegang, hanya mencapai tahap hangat saja. u Kemudahan Dibersihkan Wadah penampung remah roti dibuat seperti laci, sehingga pengguna hanya tinggal membuang remah roti dengan menarik laci kecil di bawah peranti ini.

Philips HD2393

Pemanggang ini memiliki tampilan elegan dan ramping, dengan warna hitam dan berdimensi 231mm x 218mm x 90mm. Daya yang dibutuhkan adalah 820W.

u Fitur Memiliki indikator panas yang dapat menyala dan mati dengan sendirinya. u Waktu Panas Dibutuhkan waktu 2.30 menit hingga peranti ini panas dan siap dipakai. u Warna Roti • 2 menit: Warna roti masih putih kekuningan. • 4 menit: Warna roti sudah kuning kecokelatan. • 7 menit: Warna roti sudah kecokelatan.

u Kerenyahan Roti • 2 menit: Sudah mulai agak kering. • 4 menit: Sudah garing, mudah dipatahkan. • 7 menit: Seluruh bagian roti sudah garing dan mudah dipatahkan. u Isi Roti Isi roti—seperti keju dan meises—sudah meleleh di menit ke-2. u Keamanan Ketika Dipegang Permukaan peranti panas ketika dipegang. u Kemudahan Dibersihkan Cukup dibersihkan dengan lap basah.

Menghilangkan Bekas Hangus di Penggorengan

Mungkin Anda pernah lupa mematikan kompor sehingga masakan menjadi hangus bahkan berkerak dan lengket di panci atau penggorengan. Untuk menghilangkan noda akibat hangus tersebut bisa digunakan citrun zuur atau asam sitrun. Caranya, masaklah air dalam panci atau penggorengan yang gosong, tambahkan 1 sendok makan citrun zuur hingga mendidih. Angkat dan buang airnya, lalu cuci menggunakan air sabun seperti biasanya. Alat masak pun bersih kembali.

Pohon Berbingkai

Untuk menghijaukan ruang, banyak yang bisa kita lakukan selain menempatkan tanaman di lantai dan di meja. Contohnya di ruang ini, tanaman dalam pot tampil menarik terpajang di dinding. Uniknya, tanaman tersebut ditempatkan di beberapa bingkai yang terpajang membentuk komposisi yang menarik. Untuk jenis tanamannya, pilihlah jenis tanaman yang berdaun indah.

Alih Fungsi Ruang Bawah Tangga yang Dilengkapi Genset Bali

Kamar mandi menghadap ruang makan tentu akan mengganggu selera. Perubahan fungsi ruang pun dilakukan sekaligus menjadi solusi permasalahan keterbatasan lahan. Pindah dari rumah yang besar ke rumah yang mungil merupakan keputusan Widy Automo dan Merry Christina karena tidak ingin waktunya tersita untuk membersihkan rumah. Maka, rumah mungil dua lantai yang dibeli pada tahun 2011 ini direnovasi dahulu sebelum ditempati pada akhir tahun 2013.

Baca juga : Jual Genset Bali

Perlu perhitungan matang agar lahan yang terbatas ini bisa maksimal pemanfaatannya. Bersama buah hati mereka, Denzel (5), Medeline (3), dan Janice (2 bulan), kini pasangan muda ini merasakan kenyamanan di dalamnya. “Ketika renovasi saya sedang hamil anak ketiga sehingga tidak mengetahui rencana dan konsep interiornya. Tentu saja saya terkejut melihat hasilnya jadi semenarik ini,” ungkap Merry menyiratkan kepuasannya. Ruang di bawah tangga yang difungsikan untuk kamar mandi menjadi kosentrasi perubahan.

Sesuai konsep yang diajukan oleh Ina House Design and Built, posisi kamar mandi di bawah tangga ini kurang tepat karena posisinya menghadap dapur dan ruang tamu. Maka, kamar mandi tersebut pun dipindah ke bagian belakang. Kini, ruang di bawah tangga itu difungsikan untuk ruang penyimpanan. Renovasi lainnya adalah mengganti keramik ukuran 40cm x 40cm dengan homogeneous tile ukuran 60cm x 60cm agar ruang terasa lebih lapang dan mewah.

Dapur di Tengah Ruang

Ruang terbatas juga diolah dengan cermat interiornya. Selain fungsi ruang terpenuhi, penataannya pun tidak membosankan. Itulah sebabnya dapur yang menyatu dengan meja makan diletakkan di tengah ruang di lantai satu, seolah-olah siap menghangatkan suasana di rumah ini. “Banyak yang bilang, dapur ini seperti di restoran jepang yang siap menyajikan shabu-shabu,” kata Merry sambil tertawa. Menurut Merry, keberadaan dapur di tengah ruang ini juga membuat rumah mungil ini tidak terasa monoton karena ada alur berbelok, tidak terkesan lurus-lurus saja.

Furnitur Built-in

Sebagai Solusi Awalnya Merry khawatir tidak bisa menjaga kerapian rumah. Namun, masalah ini teratasi berkat furnitur built-in yang menampung banyak barang dan fungsinya menyatu sebagai area pajang. Pada area dapur contohnya, semua perlengkapan dapur tersimpan rapi di dalam lemari dan sebagian sengaja diletakkan di luar karena memudahkan ketika dipakai.

Demikian juga ruang di bawah tangga dimaksimalkan sebagai tempat penyimpanan yang menyatu dengan rak TV di ruang duduk. Sedangkan di kamar tidur yang ditempati oleh Denzel dan Medeline, rak setinggi plafon mengakomodasi kebutuhan penyimpanan barangbarang, yaitu pakaian, tas, mainan, dan buku. Terbukti sudah, dengan tata ruang yang cermat, sebuah rumah yang mungil terlihat lapang dan menawan.

Lukisan Pohon

Untuk mendapatkan suasana alam di ruang santai, Anda bisa menambahkan lukisan pohon di dinding kosong, seperti contoh ini. Uniknya, daunnya terbuat dari daun sintetis dengan material besi. Lukisan pohon ini seolah-olah memayungi area duduk agar terasa teduh. Daun seperti ini banyak dijual di toko-toko perlengkapan interior. Tempellah daun-daun besi ini dengan mengunakan lem tembok membentuk susunan yang berbeda sesuai dengan imajinasi Anda.

Cengkeh Pengharum Alami

Jika Anda mencium bau yang kurang enak di ruang tertutup, misalnya ruang kerja dan area servis, Anda bisa menggunakan cengkeh untuk mengusirnya. Caranya, ambil 3–5 kuntum bunga cengkeh kering, lalu rebus dengan setengah gelas air. Tuang pada wadah kecil lalu letakkan di dekat pintu masuk. Aroma cengkeh yang terembus angin pun akan mengusir bau yang kurang enak tersebut.

Rumah Rusak Tertabrak Mobil Tetangga

Pak Yulius, tetangga saya beberapa hari yang lalu mobilnya menabrak pagar rumah saya. Selain pagar, tembok rumah saya juga rusak parah. Yang ingin saya tanyakan ke Bapak, secara hukum, apa yang dapat saya tempuh terkait kerugian tersebut kepada tetangga saya?

Baca juga : Jual Genset Surabaya

Terkait permasalahan Bapak, kami sarankan agar Bapak menempuh upaya damai terlebih dahulu. Apabila upaya damai dari kedua belah pihak tidak dapat dicapai, Bapak dapat meminta bantuan ketua RT/RW tempat Bapak berdomisili untuk berperan sebagai mediator dalam membantu menyelesaikan masalah ini. Namun demikian, apabila masalah tersebut tidak dapat diselesaikan juga dan Bapak sudah memutuskan untuk menempuh jalur hukum, maka Bapak dapat menempuh hal-hal sebagai berikut.

1. Secara Pidana Terkait kasus Bapak, menurut pendapat kami, Bapak dapat melaporkan tetangga Bapak dengan dasar pasal 200 ayat (1) Kitab UndangUndang Hukum Pidana, yang dikutip sebagai berikut. “Barang siapa dengan sengaja menghancurkan atau merusak gedung atau bangunan diancam pidana penjara paling lama dua belas tahun, jika karena perbuatan itu timbul bahaya umum bagi barang.” Berdasarkan ketentuan tersebut, hal-hal utama yang harus dibuktikan terkait laporan Bapak adalah tetangga Bapak tersebut dengan “sengaja” menghancurkan atau merusak bangunan (tembok dan pagar) tempat tinggal Bapak dan perbuatan tersebut menimbulkan bahaya bagi barang (tembok dan pagar).

2. Secara Perdata Pada sisi yang lain, perbuatan tetangga Bapak tersebut juga dapat dilakukan gugatan secara perdata berdasarkan Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang Perbuatan Melawan Hukum. Berdasarkan pasal 1365 Kitab Undang-undang Hukum Perdata tersebut, unsur-unsur yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut. “Tiap-tiap perbuatan melanggar hukum, yang membawa kerugian kepada seorang lain, mewajibkan orang yang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian tersebut.”

Hal yang harus Bapak perhatikan terkait pasal ini adalah, Bapak harus bisa membuktikan adanya hubungan sebab akibat antara perbuatan tetangga Bapak yang melanggar hukum (perusakan tembok dan pagar) dan kerugian yang timbul. Serta Bapak harus dapat membuktikan berapa kerugian yang telah ditimbulkan akibat peristiwa tersebut. Demikian penjelasan singkat kami. Semoga penjelasan ini berguna bagi Bapak.

Pagar Kayu Tahan Lapuk

Kayu untuk pagar itu jenisnya yang bagus apa, ya? Terus, gimana caranya agar pagar kayu enggak mudah lapuk?

Solusi Ahli

Untuk pagar yang posisinya di luar dan bersentuhan langsung dengan cuaca ekstrem, saya sarankan menggunakan kayu besi atau ulin. Kayu ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik terhadap cuaca. Kekuatannya tidak akan berkurang dan lapuk. Syaratnya, kayu yang Anda gunakan berumur tua, di atas 10 tahun. Untuk memaksimalkan serat kayunya, Anda bisa meng-coating dengan warna yang matte atau tidak mengilat. Jadi serat tetap terekspos.

Solusi Sahabat Rumah

Kayu besi. Saya pakai itu sudah bertahuntahun dan tidak bermasalah.

Tinggi Ideal untuk Pagar

Saya berencana membuat pagar bergaya klasik. Yang saya tanyakan, berapa tinggi ideal pagar yang harus dibuat untuk rumah saya (1 lantai, tinggi dinding rumah 4m, dan tinggi pintu utama 2,55m)? Saya ingin pagar ini berfungsi sebagai pelindung juga.

Solusi Ahli

Masing-masing daerah punya ketentuan mengenai tinggi pagar yang berbeda. Coba cek peraturan masingmasing. Jika tidak ada aturan, idealnya, tinggi pagar adalah 1/2 dari tinggi dinding rumah. Tetapi, untuk alasan privasi, kadang orang membuat dinding lebih tinggi. Untuk rumah bapak, saya rasa cukup untuk membuat dinding pagar dengan ketinggian 1,8m. Tetapi, jika dirasa kurang aman, Anda dapat membuat setinggi 2,4m, karena tinggi ini sudah sangat aman dari jangkauan orang. Oya, untuk pagar setinggi ini, sebaiknya jangan dibuat terlalu solid, pagar harus banyak bukaan. Idealnya, 30% solid dan 70% bukaan.

Baca juga : Jual Genset Jakarta

Solusi Sahabat Rumah

Dulu, pagar rumah saya sih enggak tinggi-tinggi, hanya 1,5m. Kata tukang yang mengerjakan, karena jarak pagar dan dinding rumah pendek, enggak bagus kalau pagar terlalu tinggi

Kunci Gembok Awet

Cara pilih gembok untuk pagar itu gimana, ya? Yang saya rasakan, kok, cepat banget berkarat dalamnya dan macet. Masa saya harus ganti terus?

Solusi Ahli

Karena saya tidak tahu merek gembok yang Anda beli, ada kemungkinan Anda membeli gembok yang berkualitas di bawah standar atau tidak bermerek. Karena gembok berkualitas biasanya sudah diperhitungkan dan diuji ketahanannya di luar ruangan. Memang, gembok-gembok ini ada kemungkinan rusak juga, tetapi tidak dalam jangka waktu cepat. Saya sarankan untuk membeli gembok berkualitas dan bermerek. Bahannya dari stainless steel karena kuat terhadap cuaca. Untuk keamanannya, gembok berkualitas sudah dirancang agar tidak bisa dirusak maling.

Solusi Sahabat Rumah

Kalau kunci gembok macet, saya biasanya menetesi lubang gembok dengan oli bekas motor. Biasanya, sih, selalu berhasil bisa membuat kunci gembok enggak macet. Tetapi, kalau udah bener-bener enggak bisa, biasanya beli baru.

Cat Besi Tak Terkelupas

Pagar besi saya, kok, catnya mengelupas terus, ya? Sudah dicat ulang, tetapi tetap aja mengelupas.

Solusi Ahli

Coba perhatikan dengan seksama kondisi besi di pagar Anda. Jangan-jangan pagarnya sudah berkarat. Jika memang ada karat, jangan ditimpa dengan cat baru. Anda disarankan untuk mengampelas pagar hingga lapisan karatnya hilang. Setelah itu, Anda dapat mengecat ulang pagar rumah Anda dengan cat khusus besi.

Solusi Sahabat Rumah

Saya juga punya pengalaman ini. Saya rumahnya enggak jauh dari laut, jadi pagar cepat terkena korosi dan berkarat. Setelah tanya-tanya, pagar besi enggak cocok buat yang rumahnya di dekat laut. Akhirnya diganti total.