MSI X99S XPOWER AC dan FIN888

MSI X99S XPOWER AC dan FIN888 – Untuk tes kali ini, MSI diwakili oleh dua motherboard dengan ciri khas yang berbeda: overclocking dan gaming. Untuk segmen overclocking, MSI diwakili oleh X99S XPOWER AC. Motherboard ini mengandalkan feature overclocking di atas rata-rata sebagai senjata utama. Sebagai bukti, terdapat sekumpulan tombol khusus untuk overclocking di motherboard ini. Terdapat tombol OC Genie untuk one-touch overclocking, satu set tombol untuk mengatur CPU ratio secara realtime, satu switch untuk ganti BIOS, satu tombol untuk masuk ke BIOS dan satu set switch untuk keperluan CeaseFire.

CeaseFire sendiri adalah feature unik dari MSI yang memungkinkan pengguna memutuskan aliran daya untuk slot PCIe selama proses overclocking berlangsung. Berbicara mengenai daya, pengguna dapat memberi asupan daya maksimal ke prosesor melalui konektor daya 8+4 pin. Ini merupakan kelebihan tersendiri dari motherboard ini, mengingat motherboard lainnya hanya menyediakan 8 pin. Paket penjualan yang MSI sertakan mampu mencerminkan jati diri motherboard ini sebagai pemain unggulan di kelas overclocking. MSI menyertakan delid die guard untuk melindungi prosesor ketika covernya dibuka yang memungkinkan pendinginan yang lebih baik dalam overclocking. Fan stand juga tersedia sebagai dudukan untuk kipas apabila motherboard digunakan di luar casing.

Pada motherboard ini juga terdapat 1 USB 2.0 Type Vertical A yang dinamakan Direct USB. Kombinasi port ini dengan flash disk yang tersedia pada paket penjualan akan memudahkan pengguna dalam flashing BIOS atau kegiatan overclocking lainnya. Motherboard ini juga dilengkapi dengan modul wireless. Terdapat receiver 802.11ac dan Bluetooth 4.0 yang disertai dengan 2 antena eksternal demi jangkauan sinyal yang lebih baik. Modul wireless tersebut dapat dilepas. Seperti motherboard yang ikut dalam tes perbandingan ini, XPOWER AC juga dilengkapi slot M.2.

Sayangnya, panjang maksimal storage M.2 yang dapat digunakan terbatas 80 mm. Berbicara mengenai potensi pemrosesan grafis, motherboard ini memberikan opsi melimpah berkat dukungan nVIDIA SLI dan AMD CrossFireX pada 5 slot PCIe x16 yang dimiliki. Adanya 4 bridge SLI pada paket penjualan merupakan yang terbanyak di antara peserta tes lainnya. Dan untuk memudahkan instalasi lebih dari satu kartu grafis, terdapat konfigurasi ringkas yang tercetak di motherboard dan berlokasi di area storage M.2.

Sumber : https://net89.net/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *