Wasir Belum Berakhir Bag2

? Terlalu banyak duduk. Pulang ke rumah usai melahirkan, mungkin Mama lebih banyak duduk karena masih takut untuk beraktivitas atau ada orang yang sudah mengurusi. Padahal, duduk yang terlalu lama menjadikan anus tertekan lebih lama, sehingga bisa menyebabkan nyeri berkelanjutan di area anus, bahkan juga bisa memicu perdarahan kembali. KIAT ATASI WASIR Untuk mengatasi wasir, sebenarnya mudah saja, kok, Ma.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Hindari hal-hal yang mendukung terjadinya wasir. Jadi, jangan pernah untuk  menunda BAB dan jangan duduk terlalu lama. Beraktivitaslah seperti biasa dan beristirahatlah dengan cara berbaring apabila sudah mulai merasa lelah. Seiring dengan itu, perbanyak asupan cairan dan konsumsi makanan berserat. Normalnya, orang dewasa membutuh kan sekitar dua liter air per hari, tetapi karena Mama sedang menyusui, ma ka kebutuhannya lebih banyak lagi.

Dengan banyak konsumsi air putih, saluran pencernaan bisa lebih lancar bekerja, sehingga feses akan menjadi lebih lunak dan wasir bisa lebih cepat sembuh. Begitu pula dengan konsumsi makanan berserat. Serat terdapat pada sayuran hijau dan buah–buahan. Tak hanya baik untuk kelancaran BAB, tetapi juga akan meningkatkan produksi ASI dan sistem metabolisme tubuh. BAB yang lancar membuat wasir lebih cepat sembuh. Sementara, untuk mengurangi rasa nyeri di area wasir bisa dilakukan dengan berendam di air hangat selama 5–10 menit.

Setelah itu, oleskan salep wasir untuk meredakan nyeri atau gatal yang sudah diresepkan dokter. Bagaimana dengan obat pencahar? Asalkan sesuai dengan petunjuk dokter, boleh saja. Namun, jika wasir sudah sangat mengganggu dan sulit diatasi dengan obat, biasanya operasi diperlukan. Tentu, dokter akan melakukan observasi lebih dahulu, apakah wasir yang Mama alami me mang perlu dioperasi ataukah tidak. Semoga wasir segera berlalu, ya, Ma.

4 STADIUM WASIR ? Stadium 1: Wasir sudah mengalami per darahan, tetapi jaringan atau tonjolan (bintil) tidak keluar dari anus. ? Stadium 2: Wasir (dengan perdarahan atau tidak) sudah keluar dari anus, te tapi bisa masuk kembali dengan sendirinya. ? Stadium 3: Wasir sudah keluar dari anus, tetapi masih bisa didorong masuk dengan jari tangan. ? Stadium 4: Wasir sudah keluar dari anus dan tidak bisa masuk kembali meski dengan bantuan.

Sumber : https://eduvita.org/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *