manfaat daun kersen

6 Manfaat Daun Kersen Untuk Pria dan Wanita

Daun kersen merupakan bagian dari tanaman kersen. Pohon kersen ini sering disebut juga pohon talok atau ceri jawa. Pohon kersen tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis. Pohon ini banyak ditemui di Indonesia terutama di pulau Jawa.

Pohon kersen biasa tumbuh liar di kebun ataupun di pinggir jalan tanpa perawatan. Kebanyakan orang belum mengetahui manfaat daun kersen sehingga sebagian orang masih mengabaikan keberadaan pohon tersebut.

Tinggi pohon kersen dapat mencapai 12 meter, namun kebanyakan yang tumbuh di Indonesia rata – rata hanya mencapai 4 – 6 meter. Pohon kersen ini tidak memiliki musim buah dan dapat berbuah sepanjang waktu dalam musim hujan maupun musim kemarau. Bentuk pohonnya yang rindang biasanya digunakan untuk berteduh.

Baca Juga: Contoh Kalimat Aktif Dalam Bahasa Inggris

Pohon kersen memiliki buah yang berbentuk bulat dan terdapat titik hitam ditengahnya. Buahnya rasanya manis dan lunak sehingga jika dipencet biji dan cairan di dalamnya gampang keluar. Buah kersen muda berwarna hijau dan yang tua atau matang berwarna merah.

Sedangkan daunnya berwarna hijau berbentuk oval dan berujung runcing serta bergerigi tepiannya. Daun kersen mengandung karbohidarat, lemak, protein, vitamin C, zat besi, serat, kalsium, fosfor, karoten, tianin, niacin, saponin dan riboflavin. Daun kersen menghasilkan energi senilai 380 KJ per 100 gram. Dengan kandungan tianin, riboflavin dan saponin menjadikan daun kersen bersifat antibakteri dan antiseptik.

Inilah 6 Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam daun kersen menjadikan daun kersen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan berikut ini beberapa manfaat daun kersen untuk kesehatan pria dan wanita diantaranya :

1. Mengobati diabetes

Manfaat daun kersen mampu mencegah naiknya kadar gula dalam darah sehingga daun kersen dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Saponin dan flavonoid yang terkandung di dalam daun kersen akan membantu tubuh menyekresi hormon insulin yang mengatur kadar gula dalam darah.

2. Sebagai antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan respon dari kekebalan tubuh untuk mengeluarkan sel – sel rusak, iritasi atau patogen. Manfaat daun kersen ini sebagai antiinflamasi yang dapat melindungi tubuh dengan mengobati peradangan yang dialami oleh tubuh.

3. Sebagai antiseptik

Daun kersen memiliki kandungan saponin, tianin dan flavonoid yang berguna sebagai antiseptik. Senyawa tersebut membuat daun kersen bersifat antibakteri sehingga manfaat daun kersen ini mampu melawan bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Senyawa ini dapat membunuh beberapa bakteri seperti C.Diptheriae, P.Vulgaris, S, Epidemidis, K. Rhizopil dan S. Aureus.

4. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat daun kersen ini dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Dengan meminum air rebusan daun kersen dapat mengontrol kadar kolesterol pada batas normal. Caranya dengan merebus segenggam daun kersen yang segar bersama 3 gelas air sampai mendidih. Biarkan hingga air tersisa 1 gelas dan minumlah 3 kali sehari.

5. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang berbahaya bagi semua orang. Daun kersen bermanfaat menjaga fungsi otot – otot jantung. Dengan mengonsumsi teh daun kersen akan membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung. Sehingga orang yang mengonsumsi daun kersen akan terhindar dari penyakit jantung koroner maupun serangan jantung.

6. Mencegah penyakit hipertensi

Manfaat daun kersen dipercaya dapat mengontrol tekanan darah sehingga akan mencegah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mengonsumsi teh daun kersen dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi daun kersen disertai pola hidup sehat dipercaya dapat mengatasi hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *