Pengertian Interior Kantor: Tujuan dan Proses Kerjanya

Kantor sama halnya dengan rumah perlu desain interior kantor supaya nyaman ditempati. Karena bagi banyak orang, kantor adalah rumah kedua mereka sehingga suasana yang nyaman sangat penting untuk dibangun. 

Sebagai orang awam dalam hal desain, kamu harus tahu apa pengertian interior kantor, tujuan hingga proses kerjanya.

Supaya tidak salah dalam penerapannya atau membangun ide sebelum menggunakan jasa interior untuk mengubah ruangan. 

Apa Itu Desain Interior Kantor?

Apabila dilihat dari pengertiannya, desain interior kantor merupakan rancangan sebuah ruang kantor.

Di dalamnya termasuk beberapa elemen seperti tata ruang, penempatan furniture, ruang gerak orang, peralatan kerja hingga pencahayaan dan dekorasi dan biasanya terdapat banyak jasa interior berkualitas untuk menangani hal tersebut.

Dalam tahapan perencanaannya, seorang desainer akan memetakan daerah asal bangunan. merencanakan layout, rencana plafon, gambar potongan hingga membuat maket. Kantor merupakan ruangan yang digunakan untuk bekerja, maka pembuatannya tentu lebih ringkas. 

Tujuan Mendesain Interior Kantor

Dibuatnya sebuah desain interior kantor memiliki banyak tujuan. Selain menciptakan kenyamanan, berikut ini manfaat yang dihadirkan. 

  1. Menciptakan citra perusahaan

Apabila ingin perusahaan tampak profesional, maka desain interior harus dipertimbangkan sejak awal. Karena klien atau tamu yang datang bahkan calon karyawan pun percaya dengan kredibilitas perusahaan. 

  1. Aktivitas kerja lancar

Mendesain artinya juga merencanakan sarana dan prasarana yang digunakan supaya aktivitas pekerjaan menjadi lebih lancar. 

  1. Meningkatnya produktivitas

Ruang kerja dengan interior yang direncanakan akan membuat produktivitas otomatis meningkat. Sehingga apa yang dikerjakan karyawan secara tidak langsung lebih optimal.

  1. Menjalankan fungsi kantor

Apakah fungsi dari kantor yang kamu dirikan? Tentunya dengan adanya interior semua kebutuhan penggunaan ruang akan tercapai. 

Proses Kerja Desainer Merancang Interior Kantor

Seorang desainer tidak bisa sembarangan dalam merancang desain kantor. Ada beberapa proses yang harus dilakukan. Proses kerja inilah yang harus diketahui seorang klien sehingga tidak tertipu oleh jasa yang tidak profesional. 

Berikut ini proses kerja yang seharusnya dilakukan. 

  1. Menganalisis serta meneliti kembali syarat yang diajukan atau keinginan klien. 
  2. Membuat dan mengembangkan gambar secara konseptual. 
  3. Pemilihan warna, furniture, pencahayaan dan semua elemen interior. 
  4. Persiapan anggaran serta jadwal proyek yang dijelaskan langsung ke klien. 
  5. Persiapan dalam dokumentasi konstruksi. 
  6. Melakukan koordinasi dengan pekerja di lapangan. 
  7. Menyiapkan dan memberikan kontrak berupa dokumen serta penawaran ke klien. 
  8. Melakukan pengamatan serta membuat laporan perkembangan proyek. 
  9. Membuat dan memberikan laporan pasca evaluasi. 

Kunci keberhasilan dari sebuah desain bukan hanya mengikuti proses saja. Desainer yang handal harus bisa menciptakan desain kantor yang sesuai dengan kebutuhan karyawan dengan lingkungan. 

Apalagi untuk perusahaan besar yang memiliki banyak divisi. Bisa jadi desain interior pada masing-masing divisi berbeda karena kebutuhan lingkungannya tidak sama. Apabila ruang kantor saat ini tidak kondusif, disarankan untuk melakukan renovasi agar lebih nyaman serta produktif dengan menggunakan jasa interior Arskal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *