irregular verb dan artinya

Contoh Irregular Verb dan Artinya yang Sering Digunakan

Memulai pelajaran bahasa asing harus menyenangkan jika tidak maka materi yang dipelajari tidak bisa dipahami dengan cepat. Terbukalah untuk pengalaman mempelajari bahasa baru karena ini adalah salah satu jalan menuju kesuksesan.

Mempelajari bahasa asing saat ini akan mempersulit lidah yang tidak terbiasa mengucapkannya namun bukan berarti tidak dapat dicapai. Jika Anda mengalami kesulitan, bukalah kamus karena buku tersebut sangat membantu.

Baca Juga: Pengertian Interior Kantor

Ingat juga jangan terlalu bergantung dengan kamus, karena Anda tidak ingin menjadi ketergantungan. Kamus bisa Anda gunakan sesekali tapi ingatlah tetap hafalkan semua kosakata yang pada.

Menghafalkan kata kerja adalah salah bagian cukup berat ketika mempelajari bahasa Inggris. Kata kerja bahasa Inggris cukup kompleks karena terdapat perubahan yang disebut regular verb dan irregular verb.

Regular verb adalah kata kerja yang mengalami perubahan dapat ditebak. Dalam artian perubahan yang terjadi memiliki pola sama yaitu memiliki akhiran -d dan -ed. Berbeda dengan irregular verb (kata kerja tidak beraturan) yang polanya sulit ditebak.

Irregular verb tidak memiliki pola pasti, beberapa kata kerja dapat berubah dan yang lainnya tidak mengalami perubahan. Untuk itu cara menghafalkannya adalah membagi menjadi beberapa pola yang sama dan itu bisa mencapai 15 pola lebih.

Pengelompokan irregular verb menjadi beberapa bagian adalah ide yang cukup baik dan memudahkan proses penghafalan. Disamping kata individual dan cobalah untuk menggunakannya dalam sebuah kalimat.

Jangan lupa untuk menulis kalimat dan ucapkan dengan lantang. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan berbicara maka mencoba untuk mengucapkan di depan cermin dengan lantang adalah langkah yang baik.

Contoh Irregular Verb dan Artinya yang Sering Digunakan

Seperti apakah kata yang termasuk irregular verb? Sebelum mengelompokkannya, Anda perlu mengetahui seperti apakah bentuk dari irregular verb itu. Berikut ini beberapa kata irregular verb dan artinya:

awake – awoke – awoken : bangun
be – was/were – been : telah

become – became – become : menjadi
begin -began – begun : mulai
bet – betted – betted : bertaruh
bite – bit – bitten : menggigit
break – broke – broke : rusak
bring – brought – brought : membawa
burn – burned – burnt : terbakar

catch – caught – caught : tertangkap
cut – cut – cut : menangkap

dug -dug – dug : menggali
drive – drove -driven : menyetir

fight – fought – fought : bertengkar
find – found -found : menemukan
fly – flew – flown : terbang
freeze – froze – frozen : beku

give – gave – given : memberikan

Belajar Pola Irregular Verb Lengkap

Beberapa contoh irregular verb diatas cukup mewakili seperti apakah kata kerja yang akan Anda hafalkan. Apapun cara yang Anda dilakukan baik itu membaca, menulis dan berbicara, menghafalkan irregular verb adalah wajib hukumnya.

Cara untuk bisa menghafalkan melalui pola irregular verb

Kini cara mudahnya, Anda tidak harus duduk and menghafalkan satu per satu dari masing-masing kata tersebut. Bagaimana dengan belajar melalui pola yang dimiliki? Berikut ini cara untuk bisa menghafalkan melalui pola irregular verb:

1. Menghafalkan perubahan yang sama

Bagi pemula, mulailah untuk menghafalkan pola kata kerja yang tidak melalui perubahan. Ide yang bagus untuk mengetahui bahwa ketika digunakan pada tense present, past participle dan past tidak pada yang berubah. Contoh irregular verb ini adalah bet, burst, cut, hurt, hit, put, quit, set, shut, dll.

2. Kata kerja yang sama dalam bentuk present dan past participle

banyak kata kerja yang memiliki kesamaan dalam bentuk present dan past participle. Hanya bentuk dari past tense saja yang berbeda artinya Anda tidak perlu banyak menghafalkan. Contohnya saja come (present), came (past) dan come (past participle).

3. Kata kerja dengan double E berganti menjadi E tunggal

Sebagai pelajar bahasa Inggris, Anda pasti telah familiar dengan huruf vokal yang panjang dan pendek. Kata tersebut dapat dibaca dengan berbagai cara tetapi bisa memiliki arti dan fungsi yang berbeda.

Misalnya saja dalam irregular verb huruf vokal E double akan berubah menjadi E tunggal. Seperti Keep – Kept – Kept, Sleep – Slept – Slept, Bleed – Bled – Bled.

4. Kata kerja dengan pola huruf vokal

Beberapa irregular verb memiliki pola huruf vokal ketika Anda mengaplikasikannya pada beberapa jenis tense. Perubahan huruf vokal yang terjadi adalah I menjadi A dan U. Berikut ini beberapa contoh perubahannya:

Drink – Drank – Drunk
Shrink – Shrank – Shrunk
Sing – Sang – Sung
Swim – Swam – Swum
Tips Menghafalkan Irregular Verb Beserta Artinya

Setelah membagi irregular verb dan artinya menjadi beberapa pola seperti di atas maka Anda bisa menghafalkannya dengan mudah. Tips agar Anda bisa lebih mudah menghafalkan kata kerja irregular dan artinya adalah jangan takut.

Jangan khawatir dan membayangkan bahwa Anda harus menghasilkan 600 kata kerja tidak beraturan dalam semalam. Banyak waktu yang bisa Anda dapatkan untuk menghafalkannya.

Melalui pembagian pola maka akan semakin mudah untuk menghafalkannya. Anda tidak akan pusing membaca satu per satu kata karena bisa memasukkannya dalam kalimat dengan tense yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *