Jasa Catering

Jangan Asal Pilih Jasa Catering, Ini 6 Tips Memilih

Pastinya semua orang ingin mendapatkan yang terbaik dari apa yang telah dipilih, termasuk dalam pemilihan catering mana yang bisa terpercaya untuk mendukung kesuksesan dari suatu acara yang digelar.

Jasa catering Jakarta pada umumnya menyediakan dua pilihan penyajian untuk menyajikan makanannya ada prasmanan atau buffet dan dalam bentuk nasi box

Cara prasmanan atau ada yang menyebutnya dengan buffet ini adalah cara penyajian makanan yang disusun sedemikian rupa diatas meja panjang dengan mempersilahkan tamu undangan mengambil dan memilih sendiri menu yang diinginkan.

Selain dengan cara prasmanan cara yang umumnya digunakan oleh jasa catering di Jakarta yaitu dengan cara menyajikan menu makan dalam bentuk nasi box, dalam satu menu berisikan makanan pokok, makanan pendamping dan tambahan minuman dimasukan kedalam sebuah kotak berbahan karton berlapis mika untuk menyekat antara makanan agar tidak tercampur.

Jika ditanya cara penyajian mana yang lebih baik dipilih, jawabannya adalah kembali lagi pada pengaturan dari perencanaan acara yang akan diselenggarakan. Antara prasmanan dan nasi box memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ketika sudah memilih cara penyajian mana yang cocok untuk acara yang diselenggarakan, tinggal mencari jasa catering mana yang tepat.

6 Tips Memilih Jasa Catering

Jangan asal pilih jasa catering karena jika kamu salah pilih acara yang sudah direncanakan sedemikian pula akan menjadi hancur hanya karena pilihan untuk sajian pada acara mengecewakan para tamu undangan. Agar tidak mengecewakan, berikut tips-tips memilih tempat catering yang perlu diketahui.

Sudah Menjadi Langganan Banyak Orang

Cara yang pertama yang sering dilakukan adalah mencari dan membaca review dari orang-orang yang telah menggunakan jasa catering tersebut. Namun jangan asal percaya dengan review-review yang ada karena setiap orang memiliki keadaan yang bisa berbeda-beda.

Melihat Menu

Jika belum yakin dengan tips yang pertama, tips kedua ini bisa dilakukan yaitu dengan melihat daftar menu dari makanan yang ada di jasa catering. Akan lebih baik jika pada jasa catering tersebut menu yang disediakan bisa menyesuaikan dengan apa yang kita inginkan.

Menu yang dipilih harus sesuai dengan konsep acara yang diselenggarakan, jika acara yang diselenggarakan berkonsep adat minangkabau maka menu makanan yang disajikan harus mengikuti cita rasa khas tanah minang didominasi rasa pedas dan gurih.

Presentasi Makanan

Presentasi atau penampilan dari sebuah makanan sangat perlu diperhatikan sebelum makanan tersebut disajikan kepada para tamu, presentasi yang baik dari sebuah makanan akan memberi nilai tinggi dari keestetikaan dan kualitas dari sebuah makanan yang disajikan.

Penampilan dari makanan yang disajikan bisa menjadi faktor pendorong untuk meningkatkan nafsu makan dari seseorang yang melihatnya, jika menu yang disajikan banyak dipilih oleh para tamu undangan maka akan mengurangi resiko makanan sisa yang terbuang sia-sia.

Lezat, Sehat, Higienis

Percuma jika memiliki tampilan yang menarik jika rasa yang ada di makanan tersebut mengecewakan di lidah, pilihlah jasa catering yang memiliki cita rasa yang kaya disetiap sajiannya.

Sehat dan Higienis menjadi kunci menjadikan makanan memiliki kualitas yang baik karena mulai dari pemilihan bahan-bahan yang digunakan sampai dengan protokol kebersihan yang dilakukan saat mengolah dan menyiapkan hidangan dari menu makanan yang dipilih.

Sesuai Kemampuan Kantong

Kemampuan dalam segi anggaran biaya perlu diperhatikan, biaya yang telah dianggarkan untuk pengeluaran konsumsi harus disesuaikan dengan yang diinginkan.

Konsultasikan biaya anggaran dengan pihak jasa catering agar kedua belah pihak bisa mendapatkan apa yang diinginkan, jika pihak catering memiliki staff yang profesional maka akan membantu jika anggaran dana  tidak sesuai dengan menu makanan yang diinginkan

Food Testing

Jangan lupa mencoba terlebih dahulu makanan yang dibuat oleh jasa catering tersebut sebelum nantinya disajikan kepada para tamu undangan terlebih dahulu mengetahui rasa dan kualitas dari makanan.

Food tasting ini memiliki manfaat seperti jika merasa ada yang kurang dari makanan tersebut maka bisa langsung memberi masukan kepada jasa catering agar rasa dari makanan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *