Blue Techno Festival 2014

Ajang pameran dan kompetisi yang yang digelar di Universitas Telkom, Bandung ini dihadiri oleh beberapa universitas sepulau Jawa. Belum lama ini, (8/11), program studi Teknik Elektro yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom, Bandung, sukses meng gelar BlueTechno Festival 2014, sebuah ajang yang menampilkan hasil kreasi dan inovasi para mahasiswa jurusan Teknik Elektro. Ide Blue Techno Festival sendiri muncul karena keprihatinan akan banyaknya hasil karya atau inovasi dalam bentuk tugas akhir (skripsi), tugas besar, riset grup dan kegiatan laboratorium mahasiswa yang hanya tersimpan rapi, tak pernah dipublikasikan.

Baca juga : harga iphone

Padahal hasil karya atau inovasi ini bisa jadi sangat bermanfaat untuk kemajuan masyarakat luas. Dalam BlueTechno Festival 2014 ini tercatat tiga Universitas yang turut serta meramaikan acara ini dengan mengikuti kompetisi inovasi. Tiap universitas boleh mengirimkan beberapa tim. ITS, Unibraw, ITB, termasuk Universitas Telkom mengirimkan wakil-wakilnya untuk menampilkan inovasi mereka. Dalam kompetisi inovasi hardware tim dari ITS berhasil meraih juara I, diikuti oleh Poltek Telkom, sebagai juara kedua, dan tim dari ITS lainnnya sebagai juara ketiga.

Tak hanya kompetisi hardware dan software saja, kompetisi poster yang diikuti oleh para mahasiswa Universitas Telkom pun terlihat ramai dan mendapat tanggapan positif dari para mahasiswa. Berkaitan dengan teknologi robot, Komunitas Robot Indonesia yang diwakili oleh Adiatmo Rahardi turut memberikan dukungan dalam acara ini. Hal ini dibuktikan dengan turut sertanya para anggota Komunitas Robot Indonesia dalam memamerkan robot-robot buatan mereka.

“pengunjung yang menghadiri acara Blue Techno Festival pada waktu kemarin juga sangat ramai. Terlebih saat pameran. Tidak lama setelah talkshow berakhir dan pameran dibuka ternyata sudah banyak yg antri di luar untuk masuk melihat pameran. Begitu juga saat talkshow. Pendatang talkshow hampir setengah dari target,” ujar Rebecca Chittra Widyaparamitha, ketua panitia acara. Acara yang digelar mulai pukul 9 pagi akhirnya berakhir 9 malam. Semoga inovasi tidak berhenti sampai di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *