Rumah Rusak Tertabrak Mobil Tetangga

Pak Yulius, tetangga saya beberapa hari yang lalu mobilnya menabrak pagar rumah saya. Selain pagar, tembok rumah saya juga rusak parah. Yang ingin saya tanyakan ke Bapak, secara hukum, apa yang dapat saya tempuh terkait kerugian tersebut kepada tetangga saya?

Baca juga : Jual Genset Surabaya

Terkait permasalahan Bapak, kami sarankan agar Bapak menempuh upaya damai terlebih dahulu. Apabila upaya damai dari kedua belah pihak tidak dapat dicapai, Bapak dapat meminta bantuan ketua RT/RW tempat Bapak berdomisili untuk berperan sebagai mediator dalam membantu menyelesaikan masalah ini. Namun demikian, apabila masalah tersebut tidak dapat diselesaikan juga dan Bapak sudah memutuskan untuk menempuh jalur hukum, maka Bapak dapat menempuh hal-hal sebagai berikut.

1. Secara Pidana Terkait kasus Bapak, menurut pendapat kami, Bapak dapat melaporkan tetangga Bapak dengan dasar pasal 200 ayat (1) Kitab UndangUndang Hukum Pidana, yang dikutip sebagai berikut. “Barang siapa dengan sengaja menghancurkan atau merusak gedung atau bangunan diancam pidana penjara paling lama dua belas tahun, jika karena perbuatan itu timbul bahaya umum bagi barang.” Berdasarkan ketentuan tersebut, hal-hal utama yang harus dibuktikan terkait laporan Bapak adalah tetangga Bapak tersebut dengan “sengaja” menghancurkan atau merusak bangunan (tembok dan pagar) tempat tinggal Bapak dan perbuatan tersebut menimbulkan bahaya bagi barang (tembok dan pagar).

2. Secara Perdata Pada sisi yang lain, perbuatan tetangga Bapak tersebut juga dapat dilakukan gugatan secara perdata berdasarkan Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang Perbuatan Melawan Hukum. Berdasarkan pasal 1365 Kitab Undang-undang Hukum Perdata tersebut, unsur-unsur yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut. “Tiap-tiap perbuatan melanggar hukum, yang membawa kerugian kepada seorang lain, mewajibkan orang yang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian tersebut.”

Hal yang harus Bapak perhatikan terkait pasal ini adalah, Bapak harus bisa membuktikan adanya hubungan sebab akibat antara perbuatan tetangga Bapak yang melanggar hukum (perusakan tembok dan pagar) dan kerugian yang timbul. Serta Bapak harus dapat membuktikan berapa kerugian yang telah ditimbulkan akibat peristiwa tersebut. Demikian penjelasan singkat kami. Semoga penjelasan ini berguna bagi Bapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *