Intel Siap Serbu Smartphone

Sekarang ini pembicaraan soal smartphone dan tablet sudah mirip- mirip pembicaraan soal komputer dan laptop beberapa tahun lalu. Ya, selain masyarakat fasih membicarakan sistem operasi dan versi dari perangkat mobile yang mereka miliki, kini mereka juga sering menyebut-nyebut prosesor yang digunakan. Dual-core, quadcore, bahkan penta-core pun sudah masuk kosa kata sehari-hari. Jika kita simak peranti mobile yang beredar di pasar saat ini maka kita akan mendapati bahwa Qualcomm dengan jajaran Snapdragon-nya adalah penyuplai chip prosesor terbanyak.

Baca juga : Net89

Baru-baru ini, seiring dengan makin ketatnya persaingan untuk memangkas harga, chip bikinan MTK mulai merangsek pasar, terutama pada kelas low-end. Selain itu Samsung dan Apple juga terhitung sebagai pabrikan prosesor besar karena digunakan dalam produk-produk mereka yang laris. Intel yang digdaya dalam prosesor komputer juga sudah mulai terdengar dalam beberapa produk, namun masih kalah ramai dibanding dua pesaing tersebut. Tapi awas, mereka mulai pasang kuda-kuda untuk melesat tahun ini.

Apa yang akan mereka lakukan? Prospek Cerah Tahun 2014 ini kebutuhan akan tablet di Asia Pasifk dan Jepang akan meningkat sebesar 32 persen. Dari pertumbuhan yang 32 persen itu, negara seperti Indonesia, Jepang, dan Australia “bertanggung jawab” terhadap 59 persen pertumbuhan. Padahal ya, Asia Pasifk dan Jepang itu merupakan 15 persen dari pasar tablet dunia. Ini di luar China lho. Diperkirakan nanti pada tahun 2017, pangsanya akan meningkat menjadi 20 persen. Ini membuat wilayah ini akan menjadi wilayah dengan pertumbuhan permintaan tablet terbesar di dunia. Sedang Indonesia sendiri menanggung 13 persen dari peningkatan 32 persen itu.

Menurut Harry K Nugraha, Channel Business Director, Intel Indonesia, di Indonesia terdapat 74 juta orang yang termasuk dalam kelas menengah yang merupakan pasar potensial. Sejumlah 45 juta sendiri merupakan kelas yang berperilaku konsumtif. Melihat prospek cerah tersebut, Intel tak tinggal diam. Tahun 2014 ini tampaknya mereka menyiapkan diri untuk menjadi salah satu chip prosesor yang menguasai pasar, terutama tablet.

“Mobilitas khususnya tablet adalah bagian penting dari strategi pertumbuhan masa depan kami dan kami melakukan investasi yang diperlukan dalam perkembangan kami. Kami berharap untuk memiliki kinerja terkemuka di industri, daya tahan baterai kompetitif, ftur produk unik seperti 64-bit dan penggunaan LTE secara agresif,” jelas Harry K Nugraha. “Intel kini tersedia di pasar dengan tablet-tablet dari OEM terkemuka dan memiliki “pipeline tablet” dan smartphone yang kaya serta ditawarkan pada harga yang akan memungkinkan produk untuk bersaing di segmen value dan entry,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *