Cara Cerdas Digitalisasi Foto Lawas

Teknorus.com – Coba Anda buka album foto lawas. Berapa banyak foto yang sudah mulai kabur, berjamur, atau bahkan sudah rusak. Sayang banget. Tapi begitulah nasib foto-foto usang. Apalagi tak disimpans cara apik dan benar. Jangan-jangan foto pernikahan Anda pun sudah mulai koyak. Cepat, lakukan digitalisasi foto. Apa itu digitalisasi foto? Gampang saja dipahami.

Baca juga : Gambar Keren

Yaitu proses membuat foto cetak, negatif atau slide jadul jadi format digital alias JPEG. Caranya tentu aja tak pakai scanner atau pemindai yang mahal. Sebagai gantinya, perangkat kotak keluaran Apotop bernama Photo-Photo ini. Blackbox ini dirancang sebagai studio supermini untuk mereproduksi foto. Biasanya langkah paling gampang adalah memotret langsung dengan smartphone.

Namun hasilnya pasti tak memuaskan. Ini karena, Anda tak bisa mengatur cahaya sehingga foto digital yang diperoleh kadang over, kadang malah blur dan sebagainya. Kotak Photo-Photo dilengkapi dengan lampu LED yang intensitasnya dibuat stabil. Tugas LED yang akan nyala dengan empat baterai ini memberi cahaya yang cukup sehingga diperoleh foto digital yang lebih sempurna.

Sayang kotak ini baru tersedia untuk iPhone (khususnya versi 4, 4S dan 5). Ini karena dudukan smartphone dan aplikasi yang tersedia hanya untuk tiga seri tersebut. Di mana lubang kamera menyesuaikan dengan template iPhone ini. Android dan WindowsPhone belum. Hasil uji kami, jika dipaksakan untuk ponsel Android hasilnya tak optimal.

Langkah Repro Foto

Materi Foto Repro = Apa saja yang bisa direpro? = Foto cetak / foto pass (3×5, 4×6, 5×7) = Foto negatif (35mm) = Foto slide = Kartu pos (4X6 atau 5×7) = Kartu nama

Aplikasi Photo-Photo Aplikasi yang tersedia di App Store ini menawarkan setingan sesuai dengan materi foto. Misalnya untuk foto berukuran 3X5, 4X6, atau 5×7. Setelah Anda pilih software akan bekerja menyesuaikan foto. Aplikasi Photo-Photo juga menyediakan penyimpanan, editing, atau pengiriman lewat email.

STEP 1 Letakkan iPhone 4/4S/5 di dudukan, tepatkan posisi kamera di lubang. STEP 2 Sisipkan foto di tempatnya. Foto slide atau negative (foto 2A) atau foto cetak (foto 2B). STEP 3 Tekan tombol power, boleh juga aktifkan aplikasi Photo-Photo, atau langsung bidik. Lalu save.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *